Profil kami

A.      Sejarah Singkat
Keberadaan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) berawal dari didirikannya Jurusan Pendidikan Sosial (PS) di Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1962 dibuka jurusan PS pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Hasanuddin (Unhas). Pada tahun 1965 FKIP Unhas memisahkan diri dengan berdirinya IKIP Makassar dan Jurusan PS berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Makassar.
Pada tahun 1979, Jurusan PS berubah nama menjadi Jurusan PLS berbarengan dengan perubahan program sarjana lengkap menjadi program sarjana strata satu (S1) dengan masa studi empat tahun (delapan semester. Pada tahun 1981 sampai 1985 telah pernah dibuka program Diploma Satu (D1) dan program Diploma Dua (DII) Jurusan PLS dalam rangka memenuhi tenaga lapangan (tenaga profesional).
Pada tahun 1965, Jurusan PLS mulai menghasilkan alumni sarjana muda dengan gelar BA, dan tahun 1968 telah menghasilkan alumni Sarjana lengkap (Drs.). selama berdirinya hingga tahun 2001, telah menghasilkan sarjana strata satu sebanyak…… orang. Para alumninya sebagian besar telah bekerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan terbanya direkrut di Propinsi Sulawesi Selatan. Mereka terserap di berbagai lembaga/Instansi pemerintah dan swasta.

B.       Landasan dan Kedudukan
Landasan dan kedudukan Jurusan PLS FIP UNM dipaparkan sebagai berikut:
  1. Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 183 tahun 1964tanggal 24 Desember 1964 tentang Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Makassar. 
  2. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 272 tahun 1965 tanggal 14 September 1965 tentang Pengesahan Pendirian Institut Negeri di Makassar. 
  3. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0569/O/1983 tanggal 8 Desember 1983 tentang jenis dan jumlah jurusan pada Fakultas di Lingkungan IKIP Ujung Pandang.
C. Visi, Misi dan Tujuan
1. Visi
Program Studi pendidikan luar sekolah menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang pendidikan Nonformal dan Informal.
2. Misi
Program Studi PLS mengemban Misi :
  • Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang mendukung pembangunan pendidikan nonformal dan informal serta menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang selaras dengan misi jurusan.
  • Membina insan akademik yang berakhlak mulia, dan mandiri
  • Mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengatahuan dan teknologi dengan mengoptimalkan sumber daya manusia yang tersedia
3. Tujuan
  • Sebagai tenaga kependidikan yang bertugas membentuk, mengelola, & mengembangkan program pendidikan pada satuan pendidikan nonformal.
  • Sebagai pendidik (fasilitator, tutor, instruktur, widiaswara, dan pamong belajar), bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai hasil pembelajaran, serta melakukan bimbingan dan pelatihan
  • Sebagai pengembang model-model pembelajaran pendidikan nonformal
D. Pimpinan Jurusan PLS
1.      Ketua : Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si.
2.      Sekretaris : Dra. Istiyani Idrus, M.Si
3.      Kepala Laboratorium : Drs. Firdaus Hasan, M.Si

E.      Struktur Organisasi
Struktur organisasi jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNM, dapat dilihat pada bagan berikut ini:
 
Keterangan : 
_________ = Garis Komando
------------ = Garis Koordinasi & Garis Konsultasi


0 komentar:

Poskan Komentar